Pembelajaran Sejarah Kritis dalam Materi Pengaruh Revolusi Industri di Eropa Terhadap Perubahan di Indonesia

  • Prima Purnama Sumantri STKIP Persatuan Islam
Keywords: Pembelajaran Sejarah, Pembelajaran Kritis, Pendidikan Sejarah di SMA

Abstract

Pendekatan kritis dalam pembelajaran sejarah dapat mendorong dialog kritis, baik antara guru dengan siswa mauun di kalangan siswa sendiri mengenai masalah-masalah sosial yang sedang mereka hadapi serta melakukan proses inkuiri untuk mengidentifikasi masalah sosial serta pemecahannya. Pendekatan kritis juga dapat mendorong refleksi yang mendalam mengenai pertanyaan-pertanyaan kritis pada masyarakat setempat, baik pada masa lalu, masa kini maupun masa yang akan datang. Penelitian ini mengkaji penerapan Pembelajaran kritis dalam mata pelajaran sejarah. Materi yang digunakan dalam pembelajaran kritis ini adalah mengenai Pengaruh Revolusi Industri di Eropa Terhadap Perubahan di Indonesia. Dari Penelitian ini, dapat disimpulkan diantaranya bahwa pembelajaran berbasis konstruktivisme menjadi sangat penting dalam upaya untuk mengubah pardigma pembelajaran. prinsip dasar ilmu yang disampaikan harus mendasarkan diri pada logika berpikir dan mampu merangsang siswa untuk berkembang secara eksak dan sosial.

Published
2019-07-01