ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MANOHARA BOROBUDUR
Abstract
Manohara Borobudur merupakan salah satu fasilitas pendukung pariwisata yang berada di dalam kawasan Candi Borobudur. Dalam rangka ingin memperkenalkan Manohara Borobudur, digunakanlah media komunikasi pemasaran digital, yaitu Instagram. Namun, penggunaan Instagram tersebut belum mendapatkan hasil yang maksimal. Karena terlihat dari jenis konten yang beragam dan jumlah pengikut yang selalu bertambah, namun tidak diimbangi dengan aspek engagement-nya. Oleh karena itu, tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan komunikasi pemasaran digital melalui Instagram tersebut dengan menggunakan model perencanaan The Circular Model of SoMe. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan eksploratif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan model perencanaan The Circular Model of SoMe, pada tahapan share, dalam rangka untuk membangun kepercayaan publik, kegiatan yang dilakukan oleh admin yaitu seperti membalas direct messages dan komentar, hingga me-repost postingan yang menandai Instagram Manohara Borobudur. Pada tahap optimize, konten yang dibagikan sangat beragam. Namun, belum diterapkannya penggunaan penjadwalan postingan. Pada tahap manage, kegiatan pemantauan hanya dilakukan dalam bentuk pelaporan jumlah postingan dan belum dilakukannya kegiatan pemantauan media sosial secara berkala. Dan pada tahap engage, Instagram Manohara Borobudur belum melakukan kerja sama dengan influencer.